Header Ads

ad

tips memperpanjang durasi batery


Pernah
 kah anda merasa ketika anda menggunakan sebuah notebook ataupun netbook dengan baterai yang minim namun harus melakukan kegiatan yang harus di kerjakan pada saat itu juga. Terlebih pada saat itu aliran listrik yang mengalir pada tempat tersebut sedang mati. Betapa gelisahnya anda.dan ini ada sedikit tips kepada anda agar baterai yang anda gunakan dapat di perpanjangan durasi nya( bukan berarti menambah besar tegangan ataupun mengotak-atik baterai).
Berikut Tips yang dapat anda gunakan untuk menghemat dan menambahkan durasi baterai laptop anda.
Hal yang paling utama untuk menghemat baterai itu sendiri adalah mematikan fitur yang sedang tidak anda gunakan pada saat itu.(nanti akan di bahas lebih lanjut pada no 3).

1.Redupkan Layar notebook

Redupkan layar Notebook anda sampai level yang masih dapat anda lihat namun tingkat kecerahannya dikurangin dari yang sebelumnya ( kalo saran dari saya pribadi seh bisa turunkan tingkat kecerahan sampai 30% persen masih enak kok di lihat).Biasanya tombol untuk mengurangi tingkat kecerahan pada layar berada pada keyboard.Menonaktifkan Perangkat yang tidak digunakan

2.Menonaktifkan Perangkat yang tidak digunakan.

Ada banyak cara untuk mematikan perangkat – perangkat laptop yang anda miliki namun saya menggunakan fitur bawaan windows 7(karena mayoritas telah memakai window 7,maaf buat yang menggunakan windows Xp namun menurut saya software ini juga ada pada windows xp jadi gk perlu takut untuk mencoba tips ini).  Dengan menggunakan Device Manager ( Buka  Contorl panel – System  Anda Securty – System – Device Manager). Kemudian akan muncul tampilan seperti berikut.
Kemudian anda hanya tinggal perlu untuk mencari beberapa hardware yang masih anda tidak butuh kan pada saat itu juga.Setelah anda memilih hardware tersebut anda hanya tinggal mendisable kan dengan mengklik kanan hardware yang ingin didisablekan. Anda jangan  takut untuk mendisablekan karena hardware tersebut bisa anda enablekan lagi dengan cara yang sama. Jadi gk perlu takut ilang gan.

3. Mengatur Power Option.

Anda perlu ketahui Monitor juga merupakan sebuah hardware yang  boros dalam memakan baterai laptop.Jadi apa yang harus kita lakukan terhadap itu? Jawabanya tidak mungkin kita mendisablekan hardware tersebut yang harus kita lakukan adalah dengan mengatur waktu agar pada saat tidak dibutuh layar monitor akan mati layaknya seperti hp. Anda dapat melakukannya dengan masuk ke Control Panel kemudian masuk ke Power Option Kemudian hanya tinggal mengatur lama waktu anda untuk mati nya laptop.(saran dari ana pribadi atur waktu seminimun mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal ).

Tidak ada komentar